Sumber :
- The Windows Club, by [email protected]
- Technet
- Seven Forums, by Brink

Pada catatan kali ini adalah bagaimana caranya meng-convert USB Flasdisk yang telah di format dengan GPT (GUID Partition Format) format menjadi MBR (Master Boot Record) format. Biasanya karena sebelumya USB Flashdisk tersebut digunakan untuk membuat installer Mac OS seperti yang saya alami.

Buka command prompt dengan hak Administrator

Pada jendela Command Prompt, ketik perintah 'DISKPART' dilanjutkan dengan 'Enter'

5

Selanjutnya kita perlu mencari USB Flasdisk atau Hardisk yang akan di convert. Ketikkan perintah 'LIST DISK' pada Command Prompt dilanjutkan dengan 'Enter'
6

Pada list yang muncul, USB Flashdisk saya adalah Disk 2. Kemudian pilih Disk yang akan kita convert dengan perintah 'SELECT DISK XX' dilanjutkan dengan 'Enter'. Dimana XX adalah nomor Disk dari hasil perintah 'LIST DISK' sebelumnya
7

Setelah Disk terpilih kita bisa melakukan beberapa perintah untuk mengelola Disk tersebut, seperti FORMAT, CONVERT, CLEAN dan lain-lain. Jika Disk akan digunakan untuk install ulang dan data telah di Backup semua, ada baiknya jika Disk dibersihkan dulu dengan perintah CLEAN. Tapi ingat, ini akan menghapus semua data, skema partisi dan volume dari Disk yang dipilih.

Sebelum melakukan perintah CLEAN, pastikan bahwa Drive yang dipilih sudah benar, karena semua data akan dihapus.

Ketik perintah 'CLEAN' untuk menghapus semua data, skema partisi dan Volume pada Disk terpilih
8

Setelah itu baru kita convert Disk tersebut, dengan perintah 'CONVERT MBR' untuk meng-convert dari GPT ke MBR .
9

Flasdisk yang telahdi convert menjadi MBR masih dalam keadaan kosong, tanpa Volume dan Partition. Agar dapat digunakan untuk membuat installer Windows atau Linux maka perlu dibuat menjadi Primary Partition dan diset menjadi Active dengan perintah 'CREATE PARTITION PRIMARY' dan tekan Enter.

Jika diperlukan ukuran yang spesifik bisa ditambahkan option SIZE=xxxxx sesuai yang diinginkan. Tetapi pada Flashdisk umumnya hanya 1 partisi saja.

Detail perintah dapat dilihat pada link ini.

Set partition menjadi active dengan perintah ACTIVE dan tekan Enter.

Test menulis blog bagian ke-dua

Background 19201200

Test memasukkan image pada post. Seperti ini kelihatannya.